Newest Post

// Posted by :Erwan Dropdead! // On :Selasa, 09 April 2013

Command line memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan komputer Anda dan menginstruksikan untuk melakukan berbagai tugas. Untuk ini, Anda harus menggunakan perintah tertentu. Perintah tidak selalu intuitif, sehingga mereka harus dipelajari, seperti kata-kata dalam bahasa. Untungnya, ada graphical user interfaces (GUI) menggantikan prosedur yang sebelumnya diperlukan menggunakan baris perintah.

Namun, kadang-kadang menggunakan baris perintah lebih cepat atau bahkan satu-satunya cara untuk mengakses informasi tertentu. Jadi mengetahui bagaimana menggunakan baris perintah bisa sangat berharga. Dan di situlah panduan perintah untuk Windows datang.
Untuk mengakses baris perintah di Windows XP, klik – Start – Run, ketik cmd dan OK.
Atau, Anda dapat pergi melalui Start – All Programs  Accessories dan pilih command prompt.
Ini akan meluncurkan cmd.exe, dengan teks berwarna putih dan background berwarna hitam.
Sekarang Anda telah berhasil mengakses command prompt, apa yang ada lakukan di sini?
Untuk beroperasi pada tingkat command prompt, Anda perlu tahu beberapa perintah. Berikut beberapa perintah dasar untuk memulai menggunakannya :
Help
Jika Anda tidak yakin apakah suatu perintah tertentu benar-benar ada atau apa yang dapat dilakukan perintah tersebut, Anda dapat mengetik perintah diikuti dengan /?.
dir
Perintah dir untuk melihat isi direktori saat ini.
Anda dapat mengetikan dir/d yang akan menampilkan isi direktori hingga tiga kolom. Atau, Anda dapat menggunakan dir/w, yang akan mengurutkan isi secara berbeda.
cd
Untuk mengubah direktori, gunakan perintah cd.
Pilih direktori terlihat dalam daftar direktori sebelumnya. Direktori ditunjukkan dengan dalam daftar direktori. Misalnya ketik cd desktop dan Anda akan beralih ke direktori Desktop. Ketik cd .. untuk kembali ke direktori sebelumnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Erwan Worsnop //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //